peluang usaha oriflame

Bagaimana Memilih Baju Bayi yang Aman?

Bagaimana Memilih Baju Bayi yang Aman?

Baju bayi yang lucu-lucu banyak sekali dijual di pasaran. Mulai dari yang branded, non branded, mahal dan murah semua ada. Memilih baju bayi, memang menjadi kesenangan tersendiri bagi para orang tua. Bayi yang lucu, ditambah baju dan aksesoris yang menggemaskan membuat bayi terlihat semakin imut. Orang yang melihat pun semakin suka dan gemas.

Memang tidak ada salahnya mendandani bayi sehingga tampil menarik dan cantik. Namun, hal ini sebaiknya juga tetap memperhatikan kenyamanan dan keamanan si bayi. Bukan hanya mementingkan penampilan, tetapi juga kenyamanan pemakai.

Jangan sampai hanya karena prestise dan kebanggaan, bayi menjadi tidak aman. Bisa jadi kulit bayi yang masih peka dan sensitive menjadi alergi terhadap zat yang ada di baju. Atau bayi menjadi terganggu pencernaannya karena suka menggigit ujung baju yang bisa jadi mengandung zat aditif berbahaya.

BAGAIMANA MEMILIH BAJU BAYI YANG BENAR?

Berikut ini beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan saat akan membeli baju bayi
  • Pilih baju bayi yang berkualitas
Jangan mudah tergda oleh harga murah atau diskon. Pilihlah baju yang berkualitas. contohnya, Jangan sampai ketika di pakai oleh bayi anda, warna baju menjadi luntur. Lunturnya warna akan mudah terserap oleh pori-pori kulit bayi, dan ini sangat berbahaya bagi bayi. Selain itu, lihat kerapian jahitan. Hal ini akan membuat bayi nyaman memakainya. Bukan berarti Anda harus membeli baju yang mahal-mahal. Namun, lihatlah dari segi kualitas. Tidak ada salahnya memberikan bayi Anda yang terbaik.
  • Bahan Pakaian
Hindari membeli baju bayi dari bahan pure nilon, parasut atau jeans. Meskipun modelnya cantik-cantik dan lucu-lucu, bahan-bahan tersebut membuat cepat gerah. Pilihlah pakaian dari bahan katun. Selain mudah menyerap keringat, katun lebih nyaman dipakai. Selain itu, pakaikanlah pakaian bayi sesuai cuaca. Misal, kenakan baju tipis saat cuaca panas, dan sebaliknya kenakan jaket saat dingin. baca juga : tips menjaga kesehatan saat musim hujan
  • Utamakan Kenyamanan Bagi Bayi
Perhatikan kenyamanan pakaian bayi Anda. Jangan sampai Anda memilih baju bayi yang ribet hanya karena mode dan penampilan. Begitu pun dengan aksesoris. Pilihlah yang wajar dan sederhana. Jangan pilih aksesors dari payet, ataupun banyak kancing karena bisa terlepas dan tak sengaja masuk ke mulut bayi. Juga jangan menggunakan peniti atau pengit dari besi karena takut berkarat. Pilihlah baju yang tidak ber-ritsleting depan agar bayi tidak terganggu saat tengkurap.  Pilihlah model baju bayi yang sederhana dan "normal" serta praktis yang membuat bayi pada saat memakainya atau saat anda menggantinya menjadi nyaman. Jangan pula memilih pakaian yang terlalu ketat, yang malah membuat bayi mudah iritasi. Jadi perhatikan pula ukuran baju bayi anda. Ingat, bayi perlu kenyamanan, pilihlah baju yang betul-betul membuat bayi nyaman.
  • Awasi Saat Pemakaian
Meskipun Anda telah teliti dalam memilih baju bayi, tetap awasi selama pemakaian. Apakah dia sering garuk-garuk, atau pun iritasi. Cek seluruh kulit bayi saat mandi, apakah terjadi alergi seperti bintik-bintik merah di kulit.

Tips Mencuci Baju Bayi

Sebisa mungkin cuci baju bayi dengan detergen cair. Karena detergen bubuk biasanya meninggalkan zat kimia menempel pada baju. Selain itu, tidak usah gunakan pewangi. Kalaupun ingin memakai, jangan berlebihan. Karena pewangi dihasilkan dari zat kimia yang berbahaya jika dihirup oleh bayi yang masih rentan dan sensitive.
1 Komentar untuk "Bagaimana Memilih Baju Bayi yang Aman?"

Leave your comments

Back To Top