peluang usaha oriflame

10 Macam Sayur dan Buah untuk Menurunkan Berat Badan

Buah dan sayur untuk diet
Sayur dan Buah dapat membantu mempercepat penurunan berat badan lho Bund! Selain mengandung banyak zat gizi, sayur dan buah dipercaya dapat membantu program diet Bunda. Terutama sayur dan buah yang mengandung sedikit kalori.

Buah dan sayur akan membantu melancarkan sirkulasi darah, serta meningkatkan system imunitas tubuh sehingga tidak mudah sakit. Serat yang terkandung dalam buah dan sayur juga akan meringankan kerja system pencernaan, sehingga sangat bagus sebagai sarana detoksifikasi.

Dengan memperbanyak buah dan sayur, Bunda akan lebih cepat sukses menurunkan berat badan. Hal ini bahkan banyak dilakukan oleh penganut Food Combining dalam menentukan makanan mereka.

Pada dasarnya, buah dan sayur yang tinggi kalori pun dapat membantu menurunkan berat badan. Asal dikonsumsi secukupnya. Yaitu saat sarapan.

Buah apa saja yang dapat menurunkan berat badan?


Berikut ini 10 buah dan sayur yang dapat Bunda konsumsi untuk membantu program diet Bunda

1. Brokoli

Brokoli mengandung 40% protein dan 60% kabohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Karbohidrat kompleks tidak menggemukkan badan, melainkan justru akan membantu menurunkan berat badan. Seian itu, serat pada brokoli sangat baik untuk pencernaan. Brokoli juga mengandung antioksidan, kalsium, selenium, magnesium, zat besi dan thiamin yang berguna bagi kesehatan tubuh.

2. Lemon

Banyak orang yang mengkonsumsi air jeruk lemon sebagai pembuka hari. Selain berguna untuk proses detoksifikasi, lemon dapat membantu memperlancar aliran darah. Mengonsumsi jeruk lemon juga akan mengurangi rasa lapar, yang membuat porsi makan Bunda selama diet lebih terjaga. Buah yang baik untuk diet ini bisa dikonsumsi dengan cara dibuat minuman jeruk biasa (tanpa gula) atau dengan dibuat infused water. Baca juga : manfaat lemon untuk menghilangkan bulu kaki

3. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayur yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama diet. Karena, bayam mampu membantu mengurangi timbunan air di dalam tubuh yang akan mempercepat penurunan berat badan. Selain itu, serat dalam bayam juga sangat bagus untuk pencernaan.

4. Buah Berry

Buah-buahan yang termasuk dalam keluarga buah berry adalah strawberry, blueberry dan blackberry. Manfaat buah berry sebagai buah yang bagus untuk diet hampir sama dengan jeruk lemon. Selain itu buah ini kaya antioksidan yang berguna melawan radikal bebas untuk mencegah kanker. Sebagai tambahan, buah ini memiliki kandungan hormon Leptin dan Adinopectin. Hormon Leptin merupakan hormon yang mengatur sensasi kenyang di tubuh sehingga menimbulkan perasaan kenyang. Hormon Adinopectin sendiri dapat membantu memecah kolesterol.

5. Bunga Kol

Bunga Kol merupakan sayuran dengan kandungan vitamin C tertinggi. Vitamin C sangat penting dalam membantu membakar lemak saat beraktivitas atau olahraga. Vitamin C tidak dapat membakar lemak dengan sendirinya, dan juga tanpa vitamin C pembakaran lemak saat beraktivitas tidak akan maksimal.

6. Apel

Buah apel termasuk buah rendah kalori sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat diet. Ganti cemilan Bunda dengan Apel, maka berat badan ideal akan lebih cepat Bunda capai.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang dimaksud disini adalah yang sejenis kacang hitam dan kacang kedelai. Kenapa ini baik untuk diet? Jenis makanan ini adalah sumber protein nabati, namun tidak mengandung lemak jenuh seperti sumber protein lainnya, seperti daging. Meskipun saat diet Bunda berusaha mengurangi kalori, namun asupan protein tetaplah dibutuhkan. Kacang-kacangan juga kaya serat, selain itu termasuk jenis makanan yang proses pencernaannya lambat sehingga perut akan terasa penuh lebih lama.

8. Pir

Pir mempunyai fungsi yang hampir sama dengan buah apel. Pir akan membantu mengenyangkan perut lebih lama, sehingga godaan akan cemilan akan teratasi

9. Nanas

Buah nanas juga sangat baik untuk diet. Karena buah ini bebas dari kandungan kolesterol dan lemak sehingga cocok untuk diet yang sehat dan seimbang. Nanas mengandung 85% air sehingga tidak memberikan kalori bagi tubuh. Selain itu, nanas juga mengandung serat, vitamin, mineral serta antioksidan yang berguna bagi tubuh. Mengkonsumsi buah ini dapat membuat Bunda merasa kenyang lebih lama.

10. Pepaya

Buah yang terakhir adalah papaya. Buah pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah manis dan lembut ini mengandung serat yang banyak yang membantu melancarkan proses pencernaan tubuh. Buah ini juga mengandung gula yang sedikit sehingga tidak memberikan banyak kalori pada tubuh, membuat ini sebagai buah yang baik untuk diet. Selain itu, pepaya mengandung banyak vitamin C, flavonoids dan carotene.
Yang penting untuk diingat, pilihlah buah yang masih segar. Jangan memilih buah yang sudah dikeringkan. Karena buah yang sudah dikeringkan mempunyai kadar kalori yang tinggi yaitu bisa sampai 9 kali kalori buah segar. Bunda dapat membuat variasi menu dari buah dan sayur agar tidak bosan. Misalnya dibuat es buah, rujak atau dibuat infused water.
cara-cepat-hamil

Selain buah dan sayur di atas, mengonsumsi sayuran hijau juga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Bunda juga dapat memperbanyak sayuran yang mengandung air. Bunda tidak perlu khawatir air ini akan menambah berat badan, karena yang bikin gemuk adalah air yang menumpuk di dalam tubuh. Contoh sayuran dengan kadar air tinggi adalah mentimun, terong, dan labu. Bawang merah dan bawang putih juga cukup baik untuk diet, karena mengandung sulfide yang membantu proses penurunan berat badan.

Jika Bunda termasuk orang yang suka buah dan sayur, perbanyak informasi tentang buah tinggi kalori. Sehingga, Bunda dapat mengurangi dalam konsumsinya. Selain itu, Bunda juga harus mengimbangi dengan rajin berolahraga agar berat badan ideal yang Bunda idamkan dapat Bunda raih.

Semoga artikel buah dan sayur untuk diet ini berguna untuk Bunda, ya!

0 Komentar untuk "10 Macam Sayur dan Buah untuk Menurunkan Berat Badan"

Leave your comments

Back To Top